Wednesday, 18 December 2013

Sejarah Cedera Achilles (Tendon Achilles)

 
Dalam mitologi Yunani, Achilles adalah seorang pahlawan Yunani dalam Perang Troya dan sempat juga dibuat sekuel film "Troy" pada 14 Mei 2004, film yang diadopsi dari kisah Homer dan Iliad namun ada beberapa cerita yang berbeda dengan kisah aslinya. Film yang dibintangi oleh Brad Pitt sebagai Aktor utama pemeran Achilles ini pernah menjadi Nominator Piala Oscar. Dalam Sejarahnya Achilles adalah tokoh utama serta pejuang terbesar dalam Iliad Homerus

Achilles juga disebut-sebut sebagai ksatria paling tampan dalam perang Troya.
Achilles merupakan anak dari nimfa Thetis dan Peleus. Zeus dan Poseidon bersaing untuk mendapatkan Thetis, yang kemudian diingatkan oleh Prometheus bahwa anak yang dikandung Thetis akan lebih hebat dari ayahnya. Karena itu Zeus dan Poseidon menghentikan pengejarannya dan membiarkan Thetis menikahi Peleus yang kemudian mempercayakan Achilles kepada Centaur bernama Khiron di Gunung Pelion untuk melatih Achilles.

Menurut suatu legenda, yang dimulai oleh sajak karya Statius pada abad pertama, tubuh Achilles sangatlah kuat bahkan kebal kecuali di bagian tumitnya.
Dan jika kita pernah menonton film "Troy" akhir dari perjuangan Achilles ketika dia terluka dan akhirnya meninggal karena terkena anak panah dibagian tumitnya saat menyelematkan Putri Briseis, sehingga kemudian muncullah istilah "Tendon Achilles" akhirnya juga sering disebut cedera Achilles/tendon Achilles atau  dan sering dimaknai sebagai kelemahan seseorang termasuk untuk para atlet.

Tendon Achilles banyak dialami oleh para atlet yang hampir semua bertumpu pada bagian tubuh ini.
Karena tendon Achilles tidak memiliki suplai darah yang kaya, maka hal ini membuatnya menjadi lebih rentan dibandingkan dengan struktur lainnya di kaki. Namun, struktur ini diperlukan untuk berjalan, berlari, dan melompat dengan normal. 
Beberapa olahragawan atau atlet terkenal pernah mengalami cedera ini seperti:

- Liu Xiang


Pelari pria asal China ini mengalami cedera ini dan akhirnya tidak bisa mengikuti Olimpiade pada tahun 2008 

- David Beckham 



Pesepakbola tampan yang juga superstar fashion pria ini mengalami Tendon Achilles sehingga tidak masuk skuad pada Piala Dunia 2010. 

- Kobe Bryant 

 seperti dilansir oleh Stop Sports Injuries ,Atlet basket professional NBA ini juga baru saja mengalami cedera ini musim lalu yang membuat dia harus beristirahat lama karenanya. 

Cedera ini juga bukan hanya menimpa atlet olahraga, namun juga dialami oleh orang terutama pria paruh baya. Indikasi cederanya adalah pembengkakan dan rasa sakit dibagian tumit belakang yang tidak berhubungan dengan pemacuan tulang., biasanya beberapa orang mengalami cedera tendon achilles ini mengalami nyeri dibagian bawah tumit.

Namun, resiko cedera ini dapat diturunkan dengan peregangan yang cukup sebelum menjalankan aktifitas olahraga atau sering kita sebut pemanasan. Khususnya bagi orang yang mempunyai otot betis kencang sehingga rentan terhadap persoalan tumit. Selain itu, penggunaan sol sepatu yang tepat juga dapat memulihkan susunan urat syaraf terhadap akibat cedera ini.
Sedangkan untuk metode penyembuhan cedera ini biasanya menggunakan gelombang listrik dan injeksi trombosit, operasi konvensional pun juga mampu membantu pemulihan cedera ini seperti yang dilakukan kobe bryant baru-baru ini.

Artikel Terkait

Sejarah Cedera Achilles (Tendon Achilles)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email