Monday, 20 January 2014

Perbedaan Google AdWords dan Facebook Ads, mana lebih baik?


Pernah melihat iklan seperti ini

perbedaan google adwords dan facebook ads
Google AdWords
  atau seperti ini


perbedaan google adwords dan facebook ads
Facebook Ads

 
Perbedaan Google AdWords dan Facebook selain dari letak tapi juga dari keunggulan masing-masing, apa saja kah itu? mari kita bahas sedikit perbedaan Google AdWords dan Facebook Ads.
Banyak di internet kita temui media yang menyediakan space untuk kita beriklan, baik itu di search engine ataupun didalam sebuah website yang mempunyai pengunjung/visitor tinggi, Namun ada dua penyedia space untuk kita beriklan yang paling diminati oleh para pebisnis dan sudah pasti kredibilitas keduanya sudah sangat tak perlu diragukan lagi.

Google dan Facebook, dua media yang memiliki basis tinggi di Indonesia ini memiliki space advertisingnya sendiri-sendiri.
Google dengan Google AdWords nya siap membantu advertising Anda muncul di Search Engine Google dengan mudah, lalu ada Facebook dengan Facebook Ads nya yang mampu membranding iklan Anda apalagi situs ini adalah situs jejaring sosial tersubur di Indonesia.

Namun, manakah dari kedua media tersebut yang lebih bagus untuk kita beriklan? Keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing dan jangkauan user yang berbeda. Semua tergantung dari Anda sebagai Advertiser iklan tersebut apak segmentasi Anda lebih ke jejaring sosial atau memudahkan usaha Anda ditemukan di search engine.

Nah berikut sedikit penjelasan dan perbedaan antara Google AdWords dan Facebook Ads.

Google AdWords


perbedaaan google adwords
Google AdWords
 
Secara umum Google AdWords adalah iklan yang kita temui berada di hasil pencarian google terutama dihalaman awal google.
Ada 3 spot yang sering kita lihat di hasil Google AdWords

Google AdWords sendiri merupakan media periklanan Google dimana ada 3 cara utama untuk mendapatkan targeted user.

  • Google Search
Artinya iklan ini akan kita temui ketika user sedang melakukan pencarian disearch engine google dengan keyword tertentu yang sengaja kita gunakan.
  • Contextual Target
Google dengan otomatis akan menampilkan iklan website yang terhubung dengan GDN atau Google Display Network, hasil ini didapat berdasarkan keyword yang user ketik disearch engine dengan relevansi topik website tersebut.
  • Placement Targeting
Artinya Setelan khusus yang akan membantu Anda menampilkan iklan kepada user di lokasi geografis yang dipilih. Anda bisa menargetkan lokasi tertentu yang memungkinkan iklan Anda hanya tampil kepada orang yang berada dilokasi tersebut.

Facebook Ads


perbedaan facebook ads
Facebook Ads
 
Iklan Facebook ini menargetkan user berdasarkan Facebook Opengraph API. Dengan sistem ini membantu Facebook untuk memilah atau membuat kategori object berdasarkan chat, hobi, gender (jenis kelamin), usia, lokasi dan masih banyak lagi.
Berikut adalah beberapa Facebook Ads yang sering digunakan oleh Advertiser.

  • Eksternal Ads
Iklan ini sengaja khusus ditujukan utnuk Advertiser yang ingin mengiklankan websitenya, jadi ketika user klik iklan tersebut akan dibawa ke suatu website.
  • Page Like
Iklan ini biasanya hanya fokus untuk mengiklankan fanpage
  • Sponsored
Iklan ini bisa dibilang pintar karena memanfaatkan efek viral yang dimiliki oleh Facebook. Dimana iklan akan terlihat oleh user yang telah me-like atau comment terhadap sebuah status fanpage.
  • Page Post Ads
Iklan ini secara umum hampir sama dengan fanpage like, namun lebih ditujukan untuk suatu post tertentu.

Google Adwords yang lebih mengedepankan "keyword" sedangkan Facebook Ads dengan jangkauan "audiens target". Selain itu masih banyak lagi yang membantu keberhasialan iklan yang Anda pasang seperti penargetan iklan, landing page dan copywriting.
Jika Anda memiliki kemampuan khusus dalam pemasangan iklan Google AdWords ataupun Facebook Ads, tidak ada salahnya Anda mencoba sendiri, namun bagi "newbie" lebih disarankan menggunakan jasa khusus untuk pemasangan dan meintenance Google AdWords ataupun Facebook Ads itu sendiri, jadi Anda tidak perlu repot menangani campaign iklan Anda.
Nah, secara umum baik itu Google AdWords ataupun Facebook Ads keduanya sama-sama memiliki target user yang berbeda, kembali kepada kita sebagai pemilik bisnis ingin menargetkan dimana iklan Anda nantinya.

Artikel Terkait

Perbedaan Google AdWords dan Facebook Ads, mana lebih baik?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email