Tuesday, 14 January 2014

Kenapa suatu website Responsive itu bagus untuk SEO?


Kenapa suatu website Responsive itu bagus untuk SEO?
Ada banyak jawabannya namun akan kita pilih beberapa alasan penting mengapa suatu website itu haruslah responsive.
Secara harfiah adanya website itu memang membantu user melihat website kita, Banyak dari user saat melihat suatu website itu dari pc ataupun laptop.
Namun perkembangan teknologi saat ini membuat samrtphone ataupun tablet sangatlah happening, sehingga membuat pentingnya suatu website itu agar mobile friendly.
Faktanya saat ini penjualan smartphone ataupun tablet kini sudah mengalahkan penjualan laptop artinya pencarian dengan mobile device pun akan lebih banyak.

Pilihan terbaik untuk website tergantung dari beberapa faktor, seperti tujuan pembuatan website apakah untuk pemasaran bisnis (online marketing/penjualan), target sasaran yang dituju dan juga faktor SEO.

Namun jika SEO adalah faktor utama yang menjadi alasan dalam pembuatan suatu website, inilah pentingnya kenapa website harus responsive agar membantu strategi mobile website.


  • Google Recommended
Google sendiri mengatakan bahwa website yang responsive adalah konfigurasi mobil adalah yang paling disarankan.
Design website yang responsive secara umum memiliki satu URL dan HTML yang sama, dan ini akan membuat Google lebih mudah saat menelusuri, mengindeks dan mengatur konten.
Contoh kecil, misalkan ada user yang sedang membuka suatu website dari laptop lalu membagi konten tersebut ke Facebook, lalu salah seorang teman user mengakses konten tersebut dari mobile (smartphone) maka hasilnya jika website tersebut tidak responsive akan mebghasilkan tampilan yang terpotong-potong.
Google menekankan pada penempatan pengguna dan peringkat pengalamannya hal ini penting untuk mempertimbangkan hubungannya dengan SEO.


  • Website All Device
Salah satu aspek lain kenapa website itu harus responsif adalah bahwa website yang responsif dapat memberikan impact bagi user. karena ini akan mengantisipasi semua perangkat dan ukuran layar user yang digunakan untuk mengakses situs tersebut.
Artinya ketika suatu website di akses entah itu dari smartphone, tablet, ataupun pc dan membuat user betah berlama-lama di website tersebut ini juga akan membuat user smakin familiar dengan website tersebut.


  • Easy SEO
Memiliki website dekstop dan website mobile diharuskan memiliki cara atau tekhnik SEO yang berbeda. Artinya teknik SEO yang kita gunakan untuk di dekstop pasti juga akan memiliki teknik yang berbeda untuk di mobile, maka akan lebih mudah saat memiliki website yang all device sehingga tekhnik SEO yang dilakukan pun tidak jauh berbeda.
Bahkan Ada juga yang bilang, manfaat memiliki strategi SEO mobile -pengoptimalan untuk kata kunci lebih mungkin untuk dicari dismartphone mereka.

Nah untuk melihat apakah website kita responsive atau tidak banyak cara untuk melihatnya, bisa dengan free test responsive di www.responsinator.com



Website Responsive
Website Responsive


atau menggunakan cara mudah dengan meminimize browser yang sedang kita gunakan.

Minimize Website Responsive
Minimize Browser
Nah jika kita minimize browser kita lalu widht (lebar) maka website tersebut akan mengikuti seberapa kita atur browser tersebut tanpa ada tanda scroll kesamping.
Intinya selain website responsive itu membantu dalam SEO juga dari segi tampilan akan terlihat lebih enak jika dipandang.


Artikel Terkait

Kenapa suatu website Responsive itu bagus untuk SEO?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

8 April 2014 at 09:33 delete

Responsive juga lebih bagus jika diimplementasikan dengan HTML5

Reply
avatar