Wednesday, 16 April 2014

Sinar Matahari Yang Menyehatkan


Banyaknya produk perawatan wajah untuk menangkal sinar ultraviolet pada matahari memberikan pandangan bahwa tidak ada manfaat sinar matahari yang baik untuk tubuh. Sebenarnya tidak. Selama tubuh terpapar sinar matahari pagi dan hal tersebut dilakukan dalam batas waktu yang tidak berlebihan,sinar matahari memiliki dampak yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan, tubuh memerlukan paparan sinar matahari.

Sinar matahari mampu membunuh bakteri jahat. Itu sebabnya orang lebih sering terkena penyakit saat suhu udara lembab dan pada cuaca yang dingin, ketimbang saat musim panas di mana matahari bersinar terik sepanjang hari. Dahulu, para tentara Jerman setelah Perang Dunia I mengetahui hal ini dari penemuan yang telah dibuat pada tahun 1903 oleh pemenang Hadiah Nobel, Niels Finsen. Mereka menggunakan sinar matahari untuk mendisinfeksi dan menyembuhkan luka yang mereka peroleh. Meski di zaman sekarang menyembuhkan infeksi luka dilakukan dengan mengonsumsi obat dan menggunakan antiseptik, namun hal tersebut menunjukkan, dalam situasi tertentu dan walaupun tak secepat khasiat obat, sinar matahari mampu mematikan bakteri.

Sinar matahari memiliki efek menguntungkan pada gangguan kulit. Citra yang ada di masyarakat adalah bahwa paparan sinar matahari menimbulkan masalah kulit, dari mulai pigmentasi hingga kanker kulit. Namun, lagi-lagi, dalam takaran yang pas, banyak manfaat sinar matahari untuk kulit, misalna untuyk membantu penyembuhan penyakit kulit, seperti psoriasis, jerawat, eksim, dan infeksi jamur pada kulit.

Artikel Terkait

Sinar Matahari Yang Menyehatkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email