Friday, 6 June 2014

Rekomendasi Masakan Nusantara Khas Pulau Dewata Bali


Resep masakan nusantara dari pulau Dewata mungkin bisa jadi salah satu rekomendasi anda untuk dihidangkan kepada anggota keluarga. Sebenarnya apa keunggulan kuliner Bali? Selain rasa pedas, kekayaan alam Bali membuat menu-menu kulinernya pun kaya bahan dari mulai racikan sampai cara pengolahan. Kehadiran kunyit, toge dan santan adalah salah satu bumbu unik yang membuat cita rasa kuliner Bali semakin menggiurkan untuk disantap. Apa saja resep kuliner Bali yang bisa dicoba?
Anda bisa mencoba resep Ayam Betutu Bali. Ya, olahan daging ayam ini terdiri dari ayam berisi bumbu kemudian dipanggang dalam api sekam. Selain ayam, anda juga bisa menggantinya dengan daging bebek yang lebih alot namun gurih. Ayam Betutu khas Bali pun ada ceritanya, karena ayam ini sering disajikan sebagai hidangan saat upacara adat dan keagamaan. Anda bisa mencoba resep yang satu ini karena cukup mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Tentu anda tak harus ke Bali dulu untuk bisa menyajikan hidangan ayam Betutu pada anggota keluarga yang tercinta.
Nasi Jinggo juga mengundang pesona yang sama-sama menggoda selera. Ini adalah ‘nasi kucing’ khas Bali yang terdiri dari nasi putih ditambah lauk berupa telur, daging ayam atau sapi, serta sambal yang pedas. Kacang-kacangan pun ditambahkan untuk membuahkan rasa renyah saat menyantap. Meski nasi Jinggo porsinya cukup kecil, namun makanan yang satu ini juga cukup mudah untuk diolah di rumah. Anda bisa menyajikannya sebagai salah satu menu tambahan saat makan malam. Dijamin anggota keluarga pasti akan langsung meliriknya!
Selain Nasi Jinggo dan Ayam Betutu, banyak lagi kuliner Bali lainnya yang bisa anda praktekkan langsung resepnya di rumah. Misalnya Lawar, menu sayuran yang dicincang seperti sayur nangka dan kacang panjang lalu ditambah parutan kelapa. Ada pula menu sate lilit dengan pilihan daging ayam, sapi atau tuna. Resep masakan nusantara khas Bali pun mudah untuk dicari, anda tinggal mencari lewat Google atau mendapatkannya di resep majalah dan buku kumpulan masakan. Membawa hidangan khas Pulau Dewata ke meja makan pasti akan membuahkan rasa senang para anggota keluarga. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Rekomendasi Masakan Nusantara Khas Pulau Dewata Bali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email