Friday, 22 August 2014

Empat Musuh Utama Gaya Hidup Hemat Listrik


Teknologi elektronik yang semakin maju memang menawarkan beragam kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan berbagai aktifitas harian di dalam rumah. Namun sayang, dengan semakin banyaknya peralatan bersumber daya listrik tersebut, sebagian besar orang kini semakin jauh dari gaya hidup hemat listrik. Padahal, menghemat penggunaan listrik menjadi salah satu elemen penting bagi pelestarian alam dan lingkungan, serta menyelamatkan dompet Anda tentunya. Bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup hemat listrik saat ini, berikut empat komponen haus energi listrik yang patut diwaspadai dan dikontrol penggunaannya.

  1. Pencahayaan / Lampu
    Lampu adalah elemen haus listrik pertama yang perlu menjadi perhatian Anda saat berurusan dengan penghematan listrik. Mengontrol pencahayaan dalam rumah juga menjadi pilihan terbaik untuk memulai gaya hidup hemat listrik yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Kunci utama penghematan ini ada pada jenis lampu yang harus Anda gunakan. Tinggalkanlah lampu pijar/bohlam dan gantikan dengan lampu CFL atau LED. CFL atau Compact Fluorescent Lamp akan menghemat listrik hingga 4 kali lipat dari lampu pijar biasa, sementara LED atau Light-Emitting Diode bisa menghemat listrik hingga 10 kali lipat.
  2. Pengatur Suhu / AC
    Suhu ruangan yang panas tentu tidak nyaman untuk Anda, namun bukan berarti Anda bisa menggunakan AC sesuka hati. AC merupakan alat elektronik yang membutuhkan daya sampai sepuluh kali lipat dari daya yang dibutuhkan lampu untuk menerangi ruangan. Rata-rata AC single bisa menghabiskan 500-900 watt untuk satu ruangan dalam rumah. Penghematan utama yang bisa Anda lakukan sehubungan dengan AC ini adalah selalu mematikan AC saat Anda meninggalkan ruangan. Solusi lain adalah lakukan pembersihan kondensor AC agar kotoran yang menumpuk tidak membuat kondensor mengonsumsi lebih banyak listrik untuk bekerja.
  3. Mesin Pendingin / Lemari Es
    Lemari es adalah hal ketiga yang harus Anda waspadai saat memulai hidup hemat listrik. Lemari es tua yang diproduksi antara tahun 2001-2010 rata-rata menghabiskan daya 500-600 watt. Anda dapat menggunakan model terbaru yang hanya membutuhkan daya sebesar 400 watt. Namun jika mengganti lemari es bukanlah pilihan terbaik, maka perawatan rutin adalah kunci untuk menekan kebutuhan daya saat lemari es bekerja. Bersihkan dan atur tata letak benda-benda yang Anda simpan di tiap bagian lemari es secara cermat agar aliran udara dingin dalam lemari lebih optimal dan tidak memaksa kondensor bekerja lebih keras.
  4. Mesin Cuci & Pengering Pakaian
    Perangkat haus listrik terakhir adalah mesin cuci & pengering pakaian. Dengan konsumsi daya berkisar antara 250-300 watt, Anda bisa berhemat dengan meminimalisir penggunaan mode pengering pakaian. Menjemur baju secara konvensional memberikan hasil yang lebih baik dibanding dengan menggunakan pengering. 
Memulai gaya hidup hemat listrik mungkin sedikit susah untuk dilakukan, tetapi semakin terbiasa Anda melakukannya, semakin mudah pula penghematan yang bisa Anda lakukan. Tentunya hal tersebut akan beriringan dengan penghematan finansial yang akan Anda dapatkan.

Artikel Terkait

Empat Musuh Utama Gaya Hidup Hemat Listrik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email