Monday, 17 November 2014

Indikator Air Bersih Menurut Depkes

Kriteria Air Bersih

Air besih memang menjadi kebutuhan pokok untuk seluruh manusia selama mereka masih hidup. Kekurangan konsumsi air bisa mengakibatkan nyawa manusia melayang. Air adalah sumber utama kehidupan manusia untuk minum, makan, mencuci, memasak dan untuk menunjang sarana kehidupan lainnya. Air merupakan gas cair namun padat yang terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Konsumsi air yang bersih di Indonesia harus ditingkatkan untuk mendapatkan kualitas kesehatan dan kehidupan yang lebih baik lagi. Menurut depkes, kebutuhan masyarakat di daerah perkotaan menca pai 150 lt/org/hr, sedangkan untuk masyarkat pedesaan hanya sekitar 80 lt/org/hr. Akumulasi penggunaan air tersebut tidak hanya digunakan untuk minum, namun juga dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Air yang sehat untuk di konsumsi oleh manusia adalah air bersih. Air yang bebas dari segala kuman dan bahan-bahan yang mengandung zat kimia. Air bersih akan sangat mempengaruhi kesehatan manusia, karena konsumsi air yang mengandung bahan kimia dan berbau akan menimbulkan penyakit. Air bersih PDAM biasanya diolah dalam beberapa proses terlebih dahulu sebelum dialirkan keseluruh warga pedesaan maupun perkotaan. Namun, banyak dijumpai bahwa masyarakat pedesaan masih menggunakan air sumur sebagai sumber air bersih mereka. Mereka menggali sumur sederhana untuk menampung debit air dari hujan maupun dari permukaan tanah. Air tersebut juga sehat di konsumsi jika tidak berbau dan sanitasi air disekitar galian sumur terjaga dengan baik.

Artikel Terkait

Indikator Air Bersih Menurut Depkes
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email