Friday, 5 February 2016

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Resort

Taman Nasional Gunung Halimun Salak
source image : warbiyasa.com

Taman nasional halimun salak ini ialah sebuah Taman yang berada dengan dua pegunungan kembar dengan luas 400 km persegi. Sebagai salah satu Taman nasional ini, merupakan salah satu pelindung hutan hujan daratan rendah. Tempat ini memiliki dua puncak yaitu puncak gunung halimun dan puncak gunung salak. Dimana masing-masing pegunungan tersebut memiliki tingkat ketinggian dan medan yang berbeda.

Taman ini memiliki keanekaragaman hayati yang bagus nan efektif, seperti fauna elang jawa, surili, macan tutu dan yang lainnya. Di samping itu pun, terdapat ragam spesies flora dan fauna, seperti tumbuhan cantik anggrek, burung dan binatang yang lainnya. Terdapat lebih dari 220’an atas jenis spesies burung yang asli dari Jawa ataupun dari jenis endemik di Jawa itu sendiri. Serta sekitar lebih dari 500’an spesies tumbuhan entah itu tanaman jenis bunga ataupun pepohonan yang berukuran kecil hingga yang tumbuh dengan lebatnya. Termasuk pula beberapa binatang yang memiliki populasi tersendiri, ada yang dapat hidup dengan baik, namun ada pula yang sudah hampir punah serta punah. Sehingga, tempat ini menjadi salah satu wilayah hunian beberapa hewan dengan keanekaragamannya.

Selain itu, di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki zona yang berbeda-beda. Dimana masing-masing wilayah tersebut dihuni serta tumbuh oleh aneka margasatwa yang tak sama nan beragam. Beberapa area itu terbagi menjadi tiga bagian, seperti:
  • • Zona perbukitan disebut pula dengan area hutan dalam hitungan dataran rendah.
  • • Zona hutan pegunungan bawah.
  • • Zona hutan pegunungan atas.

Secara pasti, setiap wilayah yang terbagi menjadi 3 tempat berbeda itu pun memiliki vegetasi serta jenis flora yang beragam. Mulai dari tumbuhan yang dapat tumbuh di musim tertentu hingga yang dapat tumbuh di setiap tahunnya. Dalam hal ini pun, sepanjang taman pegunungan ini memiliki deretan sungai serta air terjun yang berada di titik tertentu. Sehingga, para pengunjung pun bisa menjumpainya di sela-sela kunjungan ataupun agenda jalan-jalan di taman nasional ini. Selebihnya, adanya komponen tersebut menjadikan bentuk perlindungan tersendiri yang disebut sebagai pelindung hidrologis pada titik kota Bogor, Sukabumi dan Lebak.

Artikel Terkait

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Resort
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

3 December 2017 at 21:20 delete

saya setuju, Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki zona yang berbeda-beda. Dimana masing-masing wilayah tersebut dihuni serta tumbuh oleh aneka margasatwa yang tak sama nan beragam.
harga vivo

Reply
avatar