Thursday, 21 April 2016

Apa itu Max Letatwin?

Pernahkah anda membayangkan bagaimana sebuah plastik bisa tetap dicetak? Max Letatwin adalah printer yang secara khusus mampu untuk memberikan hasil cetakan yang berkualitas baik pada bahan material plastik. Jika anda melihat botol-botol susu yang terbuat dari plastik dan melihat cetakan expired-nya di bagian bawah botolnya maka hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh printer khusus ini. Jadi bisa dikatakan bahwa Max Letatwin ini digunakan secara khusus untuk memberikan label penanda. 

Apa itu Max Letatwin

Alat ini memang terbilang jarang diketahui oleh orang banyak karena pangsa pasar penggunanya memang niche market. Orang-orang yang menggunakan Max Letatwin kebanyakan adalah para pekerja yang bekerja di pabrik-pabrik yang memproduksi plastik sebagai kemasan. Jadi wajar saja jika anda merasa asing dengan alat yang satu ini. 

Printer khusus seperti ini memiliki sistem kerja yang hampir mirip dengan sistem kerja komputer. Anda tinggal mengetik huruf-huruf yang ingin anda cetak pada bahan material plastik. Perbedaannya mesin printer ini hanya bisa digunakan untuk material berbahan plastik saja. Selain bahan material plastik, praktis alat ini tidak bisa memiliki fungsi apapun.

Walaupun alat ini belum pernah diproduksi di Indonesia (karena selalu diimpor dari negara tetangga seperti Cina) namun alat ini menjadi salah satu alat yang cukup banyak diminati oleh pabrik-pabrik lokal sebagai penggunanya. Max Letatwin memang saat ini belum semaju seperti personal computer dalam bentuk tampilan layarnya karena masih menggunakan layar monokrom. Hal ini dikarenakan layar Max Letatwin hanya menggunakan resolusi layar sebesar 64 x 160 pixel. Tingkat kecepatan pencetakan Max Letatwin adalah 35 mm/detik. Walaupun demikian Max Letatwin sudah bisa menggunakan USB sebagai memori eksternalnya. Sedangkan untuk memori internalnya mampu menyimpan 50 file dengan batasan 100.000 karakter. Jadi anda harus memastikan bahwa file yang anda simpan di dalam memori internal ditulis dengan singkat. Memori internal yang masih sangat sedikit ini memang wajar sekali, mesin seperti ini memang bukan diperuntukkan menyimpan data dalam jumlah yang besar. Lagipula pencetakan pada label-label plastik rata-rata selalu berubah dari waktu ke waktu. Jadi penggunaan penandaan labelnya kebanyakan hanya digunakan untuk satu kali pakai saja.

Selain itu printer khusus ini memiliki maksimum panjang cetak tabung sebesar 20 meter dan tape sepanjang 5 meter. Untuk power supply yang digunakan oleh alat ini memiliki tegangan DC sebesar 12 Volt dengan besaran 3.3 ampere. Alat ini mampu bekerja di lingkungan kerja di suhu 10 sampai 35 derajat celsius. Jadi pastikan ketika anda menggunakan alat ini harus dalam keadaan ruangan yang sejuk. Paling tidak anda bisa mengakalinya dengan membeli mesin pendingin ruangan supaya memastikannya. Untuk konsumsi daya yang diperlukan alat ini adalah sebanyak 16 watt. 16 Watt itu sudah maksimal sekali penggunaannya. 

Kelebihan yang dimiliki oleh alat ini adalah mampu memotong tabung dengan dua cara yaitu dengan sistem automatis maupun manual. Pemotongan ini biasanya dilakukan setelah anda melakukan proses penandaan label pada tabung tersebut. Jadi anda bisa mengatur sendiri metode yang paling cocok untuk anda gunakan dalam proses pengerjaan nantinya. 

Penjelasan diatas sudah cukup merinci bagaimana Max Letatwin bekerja hingga spesifikasi yang dimilikinya. Kemampuan Max Letatwin untuk mengerjakan pekerjaan pencetakan pada plastik tidak perlu diragukan. Anda juga tidak perlu kuatir dengan orisinalitas yang dimiliki oleh alat ini. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, alat ini diproduksi di luar negeri dan sampai saat ini belum ada produsen lokal yang memproduksi Max Letatwin. Jadi, anda bisa memastikan bahwa Max Letatwin yang anda beli sudah pasti barang asli. 

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk anda sekalian. Terima Kasih.

Artikel Terkait

Apa itu Max Letatwin?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email