Tuesday, 13 September 2016

Bagaimana Perkembangan Pr Agency Indonesia ?

Sumber gambar : blog.marketwired.com
Berbisnis sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Untuk pengembangan bisnis tentu dibutuhkan penyebaran informasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat. Inilah yang disebut public relations (hubungan masyarakat) yang sering disingkat PR atau humas. Lalu bagaimana perkembangan PR agency Indonesia ?
Kata hubungan masyarakat mungkin masih relatif baru di Indonesia. PR atau hubungan masyarakat merupakan gabungan beragam ilmu dan sejajar dengan ilmu-ilmu sosial lain, seperti ilmu politik, ekonomi, psikologi, komunikasi, sejarah, sosiologi, dan lain-lain,
PR dapat berupa individu atau sebuah organisasi yang ingin menyebarkan informasi ke masyarakat menggunakan topik sesuai kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. PR bertujuan membujuk masyarakat, karyawan, mitra, investor, dan pihak berkepentingan lainnya dalam mempertahankan sudut pandang tertentu, kepemimpinan, keputusan politik, atau produk.
Apa saja yang dilakukan oleh PR ?
Kegiatan PR bisa berupa berbicara dalam suatu konferensi, bekerja sama dengan pers, berkomunikasi dengan karyawan, atau pun memenangi penghargaan industri. Maka kewajiban seseorang yang berprofesi sebagai PR untuk mendidik, meraih simpati, meyakinkan, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu.
Lalu sejak kapan PR berkembang di dunia ?
Perkembangan PR Agency di Dunia
PR telah mengalami perkembangan yang sangat cepat dalam kurun waktu 100 tahun terakhir. Setiap negara mengalami perkembangan berbeda-beda dalam hal ini. Termasuk dalam kualitasnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah situasi masyarakat yang kompleks.
Meski perkembangan saat ini sudah sedemikian cepat namun di masa datang pertumbuhannya akan semakin luar biasa.
Menurut situs Wikipedia, berdasarkan sejarahnya istilah public relations muncul dari aktivitas yang dipelopori Ivy Ledbetter Lee pada tahun 1906 dimana ia berhasil menangani keterpurukan industri batu bara di Amerika Serikat. Ia pun kini dikenal sebagai The Father of Public Relations.
Jaman dahulu, pada masa suku primitif dalam meyakinkan masyarakat atau pengikutnya biasa menggunakan hal-hal bersifat magis, kekuatan supranatural, dan lain-lain. Seiring penemuan tulisan membuat metode persuasi berubah.
Kemunculan pertama kali Olympiade meningkatkan hubungan dan antar rakyat bisa bertukar pendapat. Opini publik menjadi bagian dari sejarah manusia.
Berdasarkan Dr Jacquie L'Etang dari Queen Margaret University, PR profesional dapat dilihat sebagai "pekerja wacana yang mengkhususkan diri dalam komunikasi dan penyajian argumen dan menggunakan strategi retoris untuk mencapai tujuan manajerial”.
Ada beragam taktik dari membangun PR. Diantaranya sebagai berikut.
  • Public relations keuangan - mengkomunikasikan hasil keuangan dan strategi bisnis
  • Komunikasi internal - berkomunikasi dalam perusahaan itu sendiri
  • Hubungan pemerintah - melibatkan departemen pemerintah untuk mempengaruhi kebijakan publik
  • Komunikasi krisis - menanggapi dalam krisis
  • Konsumen / gaya hidup PR - mendapatkan publisitas untuk produk atau jasa tertentu
  • Komunikasi internal - berkomunikasi dalam perusahaan itu sendiri
  • Hubungan makanan-centric - mengkomunikasikan informasi spesifik berpusat pada makanan, minuman dan anggur.

Dalam setiap taktik PR, kegiatan publisitas, siaran pers, blog, surat kabar, media sosial, media cetak, dan komunikasi di luar ruangan untuk anggota pers. Video dan audio rilis berita diproduksi dan didistribusikan ke pihak TV yang bisa digunakan sebagai isi program reguler.
Membangun dan mengelola hubungan dengan orang-orang dalam suatu organisasi atau individu memiliki peran sentral dalam membina hubungan masyarakat. Praktisi humas bekerja di lapangan, mereka mengumpulkan daftar hubungan yang menjadi aset, terutama yang berhubungan dengan media.
Di Indonesia profesi PR agency atau humas mungkin baru beberapa dekade terakhir memiliki peran sentral dalam menginformasikan sesuatu meski bidang telah lama ada.
Salah satu PR agency jakarta, Indonesia adalah Synthesis Indonesia. PR agency ini menyediakan komunikasi pemasaran dan konsultasi untuk membantu klien mencapai pengakuan publik, pendapatan yang lebih tinggi, dan peningkatan keterlibatan dengan para pemangku kepentingan terkait. Maka jangan ragu memilih agency yang satu ini untuk mencapai tujuan perusahaan Anda.

Artikel Terkait

Bagaimana Perkembangan Pr Agency Indonesia ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email