Thursday, 8 December 2016

Misi Tanoto Foundation Untuk Memajukan Bangsa Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bersyukur karena negeri kita dikaruniai alam yang subur dan sumber daya alam yang melimpah. Sayangnya, semua itu belum mampu memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya secara merata.
Jumlah penduduk Indonesia sendiri, hingga saat ini sudah lebih dari 255 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan negeri ini berada di posisi keempat dalam daftar negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

tanoto foundation

Anderson Tanoto memandangnya sebagai peluang besar karena sekitar 50 persen dari jumlah penduduk Indonesia saat ini terdiri dari kaum muda, sehingga ia optimis untuk bisa berkembang untuk menjadi lebih baik.
“Indonesia kaya sumber daya manusia. Menariknya hampir separuhnya berusia kurang dari 30 tahun,” ucap Anderson Tanoto.
Sebagai Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto menyarankan agar segenap pihak di Indonesia berinvestasi terhadap pengembangan kemampuan manusianya. Ia menuangkannya sebagai dasar utama kegiatan Tanoto Foundation yang didirikan oleh ayahnya, Sukanto Tanoto.
Tanoto Foundation memulai kegiatannya sejak 1981 di Besitang, suatu daerah terpencil di Sumatera Utara. Yayasan sosial membawa misi dari Sukanto Tanoto untuk menghapus kemiskinan dari Indonesia. Ada tiga bidang yang menjadi perhatian utama kegiatan Tanoto Foundation yaitu segi pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup
Sektor pendidikan yang digarap Tanoto Foundation sangat relevan dengan solusi yang ditawarkan oleh Anderso Tanoto untuk memajukan bangsa. Menurutnya lebih baik menggarap kualitas manusianya supaya Indonesia bisa berjaya. Hal itu hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan pendidikan.
Tanoto Foundation melakukan berbagai upaya untuk memudahkan akses pendidikan bermutu di Indonesia. Mereka membuka beasiswa Tanoto Foundation untuk para guru, siswa, hingga mahasiswa. Ragamnya cukup banyak seperti National Champion Scholarschip, Regional Champion Scholarship, hingga Tanoto Teacher Scholarship. Hingga kini sudah lebih dari 6.700 orang yang mendapatkannya.
Selain itu, Tanoto Foundation juga sering menggelar beragam pelatihan bagi para guru untuk meningkatkan kemampuan para pengajar meningkat. Sebab, seiring dengan peningkatan kapasitas guru, hasil pengajarannya pun semakin juga bertambah baik.
Bersamaan dengan itu, Tanoto Foundation tak lupa untuk memperbaiki fasilitas pendidikan di berbagai sekolah. Bangunan yang rusak direnovasi serta sarana penunjang seperti perpustakaan juga dibangun. Semua diharapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berujung terhadap peningkatan kapasitas manusia Indonesia.

Artikel Terkait

Misi Tanoto Foundation Untuk Memajukan Bangsa Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email