Thursday, 21 December 2017

7 Wisata Alam di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini memiliki banyak tempat wisata alam menarik. Kota yang memiliki julukan kota pahlawan ini terlalu cantik untuk dilewatkan. Ada banyak tempat wisata alam menarik di Surabaya yang harus dikunjungi. 

7 wisata surabaya

Tentu saja tidak bisa 1 hanya 2 hari untuk mengunjungi seluruh tempat wisata alam di Surabaya. Pada saat musim liburan sebaiknya kamu melakukan booking hotel di Surabaya lebih awal karena biasanya akan lebih penuh dibandingkan hari Biasanya. 

Lalu tempat wisata alam apa saja yang harus kamu kunjungi di Surabaya? Berikut ulasannya untuk kamu. 
  1. Pantai Kenjeran 
    Pantai Kenjeran sudah menjadi Ancolnya Surabaya. Jika kamu wisata ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Pantai Parangtritis akan terasa hampa. Begitu juga jika kamu berwisata ke Surabaya tanpa mengunjungi Pantai Kenjeran ini akan terasa berbeda. 
    Pantai Kenjeran makanannya dikenal sebagai tempat wisata anak muda tetapi juga keluarga. Pantai ini sangat ramai pada pagi hari terutama bagi wisatawan yang hendak melihat sunrise. Salah satu Spot instagramable di pantai ini adalah Dermaga kya kya yang terbuat dari kayu. 
  2. Hutan mangrove Wonorejo 
    Surabaya memang daerah pesisir pantai yang memiliki beberapa tempat wisata pantai. Salah satu ekosistem pantai yang tak bisa dihilangkan adalah keberadaan hutan bakau untuk mencegah abrasi laut. 
    Hutan bakau juga menjaga ekosistem alam sebagai habitat bagi beberapa satwa endemik khas mangrove. Salah satu hutan bakau yang dijadikan tempat wisata layaknya seperti Hutan Amazon adalah hutan mangrove Wonorejo. Wisatawan bisa menyewa perahu dan berkeliling hutan bakau sambil melihat-lihat sama seperti burung dan juga berfoto ala ala travel blogger.
  3. Hutan mangrove Gunung Anyar 
    Hutan mangrove ini memiliki beberapa satwa endemik yang lebih banyak dibandingkan hutan mangrove Wonorejo. Pengunjung bisa melihat beberapa hewan endemik seperti monyet ekor panjang titik kelabu dan juga burung kuntul putih besar. 
    Pengunjung tidak perlu menyewa perahu untuk bisa melihat ke tengah-tengah laut karena sudah disediakan sebuah jembatan panjang yang terbentang dan juga menjadi salah satu tempat paling instagramable di tempat wisata ini. 
    Namun jangan khawatir karena ada juga nelayan yang tetap menyediakan perahu untuk berkeliling hutan mangrove Gunung Anyar. Kamu bisa berfoto lebih dekat dengan satwa satwa yang berada di sekitar hutan mangrove ini.
  4. Hutan bambu dan taman sakura Keputih Surabaya 
    Inilah salah satu tempat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Hutan bambu dan taman sakura Keputih Surabaya menjadi salah satu bukti kecerdasan walikota Surabaya Tri Rismaharini. 
    Tempat yang tadinya merupakan sebuah tempat pembuangan akhir disulap menjadi hutan kota yang instagramable. Gara-gara viral di di sosial media, kini banyak anak muda yang menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat foto maupun foto sesi prewedding.
  5. Kebun bibit Wonorejo 
    Kebun bibit Wonorejo memiliki lahan seluas 6 hektar. Awalnya tempat wisata ini tidak terbuka untuk umum karena hanya untuk melakukan pembibitan aneka macam tumbuhan. Tanaman-tanaman yang ada disalurkan untuk kepentingan pemerintahan sebagai salah satu sumber tumbuhan untuk penghijauan kota. 
    Namun akhirnya kebun bibit ini dibuka untuk umum sehingga memberikan dampak bagi masyarakat yang ingin belajar untuk melakukan pembibitan tanaman. Tempat wisata ini juga memiliki sebuah danau di tengah-tengah sebagai salah satu tempat wisata alam yang menarik di Surabaya.
  6. Taman kota Surabaya 
    Siapa yang tak mengenal dengan karya Walikota Tri Rismaharini yaitu Taman Bungkul. Taman nilai yang menginisiasi seluruh aparatur negara dan walikota untuk membuat konsep yang sama di beberapa daerah. 
    Walikota Surabaya Tri Rismaharini memang dikenal sebagai walikota yang gila taman. Ia kemudian membangun banyak taman di Surabaya sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai aktivitas selain wisata juga olahraga. 
    Ini berada di Jalan Darmo Surabaya yang selalu padat pada sore hari karena dijadikan tempat permainan bagi anak-anak.
  7. Sungai Kalimas Surabaya 
    Semua ini dulunya menjadi salah satu tempat yang paling kumuh dan kotor. Namun seiring waktu berjalan Walikota Risma membersihkan sungai ini sehingga menjadi salah satu warisan alam yang harus dijaga kelestarian dan kebersihannya. 
    Sungai Kalimas melintasi Kota Surabaya sebagai Kota kedua terbesar di Indonesia. Sungai Kalimas juga dilengkapi dengan pedestrian diatasnya sehingga warga tidak perlu turun untuk melihat keindahan dan menikmati suasana Sungai Kalimas. 

Surabaya memang sangat menarik, selain memiliki tempat wisata alam yang lengkap juga memiliki kuliner atau makanan khas Surabaya yang sayang untuk dilewatkan. 

Untuk bisa menikmati itu semua Rasanya tak lengkap jika hanya berwisata di Surabaya dalam waktu singkat, untuk itu tidak ada salahnya melakukan booking hotel online lewat reservasi.com jauh hari sebelum libur panjang. 




Artikel Terkait

7 Wisata Alam di Surabaya yang Wajib Dikunjungi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: