Friday, 19 January 2018

Menikmati Berbagai Keindahan Candi Yang Ada Di Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal kota Yogyakarta, salah satu kota wisata yang menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Ada banyak promo booking hotel yang bisa ditemukan di wilayah ini yang lokasinya dekat dengan lokasi wisata, seperti misalnya objek wisata taman, tempat hiburan, perbukitan, tempat bersejarah, tempat religi, dan juga berbagai lokasi wisata lainnya.

candi

Salah satu hal yang paling menarik perhatian saat berkunjung ke Yogyakarta adalah berbagai candi yang ada di sana, seperti misalnya candi yang paling terkenal yakni Candi Borobudur. Namun selain Candi Borobudur masih banyak jenis Candi lainnya yang bisa ditemukan di Yogyakarta, seperti:

Candi Borobudur

borobudur

Candi yang satu ini merupakan salah satu candi paling populer di Yogyakarta, lokasinya sendiri cukup mudah ditemukan karena memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan maupun warga lokal. Candi yang satu ini bahkan sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Candi Prambanan

prambanan

Ada banyak hotel di Yogyakarta yang lokasinya dekat dengan Candi Prambanan, sebuah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang menawarkan keindahan pemandangan yang menarik. Selain bisa menikmati keindahan Candi maupun pemandangan di sekitarnya, wisatawan juga bisa belajar mengenai sejarah pembentukan candi tersebut. Untuk bisa memasuki lokasi Candi, wisatawan diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 30.000 per orangnya.

Candi Prambanan juga ditetapkan sebagai cagar budaya dunia (World Wonder Herritage) oleh UNESCO di tahun 1991. Candi Prambanan memang sangat terkenal di kalangan wisatawan, hal ini bukan hanya karena bentuk bangunannya yang megah namun juga cerita di balik keberadaan candi ini sendiri, yakni sebuah cerita yang berkaitan dengan putri Rara Jongrang dan pangeran Bandung Bondowoso.

Candi Ratu Boko

ratu boko

Reruntuhan bangunan yang bentuknya menyerupai candi ini memiliki sejarah yang sangat menarik, sebuah reruntuhan yang memiliki peran penting dalam mengembangkan sejarah dinasti Hindu yang ada di Jawa. Candi yang satu ini dikenal dengan nama lain sebagai candi Boko, meski disebut sebagai candi namun bangunannya sendiri merupakan sebuah keraton atau istana.

Candi Ijo

candi ijo

Segera cari promo booking hotel di sekitaran Yogyakarta dan nikmati keindahan Candi Ijo yang berada di perbukitan, namanya Bukit Ijo. Candi yang satu ini menjadi candi yang lokasinya paling tinggi di Yogyakarta, karena berada di ketinggian 375 mdpl. Ada banyak hal unik dan menarik yang bisa ditemukan di lokasi Candi ini, seperti misalnya bangunan Candi yang berbentuk teras yang semakin tinggi ke belakang, adanya Arca Candi di dalam candi Pewara yang konon kabarnya merupakan kendaraan Dewa Siwa, ada juga meja batu (padmasana), dan berbagai hal unik lainnya.

Selain dari berbagai hal unik yang dapat ditemukan, pemandangan di sekitar Candi ini juga sangat indah sebab lokasi candi yang berada di perbukitan sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar melalui ketinggian tersebut.

Candi Mendut

candi mendut

Candi yang satu ini juga tidak kalah menarik, sebuah candi yang didirikan saat dinasti Syailendara pada masa pemerintahan Raja Indra. Lokasi candi ini hanya 3 km dari Candi Borobudur, sehingga sangat sayang jika dilewatkan untuk dikunjungi. Meski tidak sepopuler Candi Borobudur, namun usia candi ini ternyata lebih tua.

Di dalam Candi Mendut, pengunjung bisa melihat 3 buah Arca Budha yang sangat menarik, yakni Arca Budha Sakyamuni, Arca Bodhisattva, dan Arca Maitreya. Selain dari Arcanya maupun bentuk Candinya yang sangat menarik, namun pemandangan di sekitar Candi juga tidak kalah indahnya.

Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi yang satu ini lokasinya cukup dekat dengan berbagai hotel di Yogyakarta, jadi bisa menjadi salah satu destinasi yang mudah untuk dikunjungi. Candi yang dikelilingi pagar batu 2 lapis ini memang terlihat cukup megah, selain dari bentuknya namun karena lokasinya sendiri yang berada di tengah taman yang membuatnya terlihat seperti kastil batu. Ada 4 pintu yang bisa digunakan untuk masuk ke area Candi, bisa dipilih pintu masuk yang mana jika ingin memasuki area candi.

Candi Barong

Candi Barong

Sebuah Candi peninggalan Hindu yang lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko ini memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dari berbagai candi lainnya, lokasinya yang berada di area perbukitan menjadikan wisatawan dapat menikmati keindahan candi sekaligus pemandangan di sekitarnya secara maksimal. Udara atau suasana di sekitar candi ini juga terbilang sejuk dan segar, sebab lokasinya sendiri memang jauh dari keramaian sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata.

Anda bisa menemukan promo booking hotel untuk dapat menginap di berbagai hotel Yogyakarta dan menikmati berbagai keindahan candi yang ada, selain dari berbagai candi yang disebutkan masih ada banyak candi lainnya di Yogyakarta yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Candi Sari, Candi Gebang, Candi Kalasan, Candi Kedulan, Candi Banyunibo, Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Mendut, dan Candi Pawon.

Artikel Terkait

Menikmati Berbagai Keindahan Candi Yang Ada Di Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar