Friday, 9 February 2018

5 Manfaat yang Didapatkan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Teratur

Tampilan kendaraan memang menjadi daya tarik utama bagi seseorang untuk membelinya, namun semakin lama digunakan karena selalu terkena panas matahari bahkan juga air hujan pastinya membuat tampilannya tidak sebagus dulu, terkadang timbunan debu, karat hingga jamur menempel di beberapa sisi kendaraan sangat mungkin terjadi, karena penggunaannya yang tidak tepat. Diantaranya adalah jarang sekali melakukan perawatan pada kendaraan tersebut.

Padahal kendaraan sama halnya dengan tubuh manusia, ketika jarang dirawat tentunya akan jadi kusam, bahkan tidak hanya dari sisi tampilan saja, melainkan juga dari sisi mesin, jeroan mobil jika tidak dirawat secara tepat membuat tarikannya semakin tidak nyaman. Belum lagi mobil tersebut juga jadi sering kali ‘sakit-sakitan’. Banyak mungkin diantara Anda yang sering kali menyepelekan kebersihan pada mesin mobil, hanya interior ruangan dan juga eksteriornya saja yang sering dibersihkan, tidak pada bagian mesin.

Padahal ternyata dengan membersihkan mesin atau menjaganya tetap bersih terawat memberikan banyak sekali manfaat bagi Anda, diantaranya adalah;

5 Manfaat yang Didapatkan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Teratur

1. Mencegah terjadinya hambatan pelepasan panas, sama halnya dengan sebuah komputer atau laptop yang memiliki ventilasi khusus untuk mengeluarkan panas atau radiasi, maka kendaraan juga demikian, jika panas yang ada dalam mesin tidak dikeluarkan pastinya semakin lama digunakan mesin akan bertambah panas atau overhead, sehingga mudah basi, pelepasan tersebut bisa terganggu karena timbunan debu di dalamnya.
2. Untuk mencegah mobil cepat aus, biasanya dengan menumpuknya debu pada bagian mesin juga menjadi penyebab kendaraan tersebut akan mudah mengalami aus, contohnya adalah pada area belt AC dan juga dinamo.
3. Meringankan kinerja electric fan kendaraan, karena pada dasarnya mesin mobil ini panas ketika lama digunakan untuk berkendara, maka ada yang namanya kipas mesin, tugasnya adalah untuk menyejukkan atau mendinginkan mesin tersebut, ketika banyak timbunan debu, maka kinerja dari kipas mesin tersebut juga kian berat. Namun dalam kondisi mesin yang bersih maka bisa meringankan kinerja electric fan, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan. Jangan salah karena harga kipas mesin ini cukup mahal.
4. Meningkatkan performanya, tak lain perawatan ini memiliki manfaat adalah untuk membuat performa kendaraan menjadi semakin meningkat, tarikan mobil kian nyaman dan juga kencang ketika digunakan.
5. Meningkatkan harga jual, ketika kondisi mobil bersih dan juga tarikan mesinnya nyaman, secara otomatis nilainya di pasaran juga akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan kualitas kendaraan di bawahnya. Itulah mengapa sebelum menjualnya di pasaran, maka banyak yang melakukan pembersihan total.

Sangat banyak memang manfaat yang diberikan dengan rajin membersihkan mesin mobil ini, jadi jangan disepelekan, lakukan secara teratur. Apalagi proses pembersihan ini juga bisa dilakukan secara mudah di rumah tanpa harus datang ke bengkel.

Artikel Terkait

5 Manfaat yang Didapatkan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Teratur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email