Friday, 2 February 2018

Genset Sulit Distarter? Ini Penyebabnya!

Pernah menemukan kondisi genset sulit distarter? Kondisi yang mengesalkan ini memang bisa saja terjadi pada siapapun. Sebenarnya apa penyebabnya?

sewa genset

Jalur solar tersumbat
Jika jalur solar tersumbat, tentu membuat genset tidak dapat menyala dengan baik. Mengapa? Karena suplai bahan bakar yang seharusnya tersalur ke mesin jadi tidak berjalan normal. Jalur solar tersumbat biasanya disebabkan oleh endapan partikel halus di dalam solar dan karat yang ada pada tangki ikut terbawa ke dalam sistem injeksi BBM mesin. Jika endapan terlalu banyak, water separator yang terdapat di dalamnya tidak bisa menyaring sehingga akan menyumbat nozzle. Solusinya, pindahkan solar ke wadah lain dan bersihkan tangki dari karat dan endapan. Setelah dijemur hingga kering, sambung kembali dan masukkan solar ke dalamnya.

Mesin macet/jammed
Mesin genset yang sedang beroperasi bisa juga mendadak mati atau sulit dihidupkan kembali. Biasanya kondisi ini disebut dengan jammed. Mesin macet ini disebabkan oleh kepanasan atau overheating. Overheating ini terjadi karena ketika genset beroperasi, pembakaran di ruang pembakaran dan gesekan antar material mesin dapat menghasilkan panas yang tinggi. Jika pelumasan mesin terganggu, panas akan menjadi berlebihan dan mengakibatkan pemuaian komponen. Untuk itu, pastikan selalu pendinginan dan pelumasan genset dalam keadaan optimal.

Masuk angin
Istilah yang biasa terjadi pada manusia ini juga mungkin terjadi pada mesin genset, terutama yang bermesin diesel. Mengapa disebut masuk angin? Hal ini terjadi ketika saluran injeksi solar terisi oleh udara. Akibatnya, tekanan solar pun berkurang dan tidak dapat mengalir dengan baik hingga ke ruang pembakaran. Masuk angin ini terjadi karena pengisian bahan bakar yang terlambat (hingga habis sama sekali) dan komponen sistem seperti selang, filter solar, atau injector ada yang bocor. Untuk menanggulangi hal ini, pastikan tangki terisi penuh dan cek ulang apakah komponen seperti selang, filter solar, dan injector ada yang bocor atau tidak. 

Jika keadaan di atas kerap terjadi pada mesin genset Anda padahal sedang ada pekerjaan yang wajib berjalan, coba hubungi tempat sewa genset Papua yang terdekat dari proyek. Dengan menyewa, Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan saat mesin genset diperbaiki

Artikel Terkait

Genset Sulit Distarter? Ini Penyebabnya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email