Friday, 6 April 2018

Mengenal Fungsi pada Mesin Gerinda Kamu Harus Tahu

Mesin Gerinda adalah sebuah mesin yang sering di gunakan sebagian orang untuk kebutuhan tertentu seperti mengasah, memotong dan menghaluskan permukaan sehingga dapat hasil yang di inginkan. Jika orang yang menggunakannya mesin gerinda memiliki kemampuan dan ketelitian yang baik, maka hasil dari pekerjaan yang menggunakan mesin gerinda akan bagus. Sehingga mesin ini dapat di andalkan oleh beberapa orang yang memiliki pekerjaan kasar seperti pekerja bangunan, pembuat alat-alat dan lain. Mesin ini bekerja dengan menggunakan mata gerinda atau mata potong gerinda, yang memiliki mata potong yang banyak. Sehingga sangat cocok untuk di gunakan sebagai alat pemotong, penghalus dan lain-lain.

Fungsi Utama Mesin Gerinda

Mengenal Fungsi pada Mesin Gerinda Kamu Harus Tahu


Sebagai Alat Pemotong

Dapat memotong berbagai benda yang memiliki ketebalan berbeda-beda, sehingga membutuhkan mesin gerinda untuk memotongnya. Misalnya kamu ingin membuat peralatan dari besi namun ada beberapa besi yang harus di potong dan sesuaikan ketebalan dan ukurnya. Kamu juga dapat memotong beberapa peralatan yang sulit di potong menggunakan gergaji biasa, sehingga mesing gerinda cukup multifungsi.

Sebagai Alat Penghalus

Dapat di gunakan sebagai alat yang dapat menghaluskan dan meratakan permukaan benda yang sedang kamu kerjakan. Misanya kamu sedang membuat rak besi, namun ada satu besi yang memiliku ukuran yang tidak pas kemudian kamu dapat menghaluskannya supaya rak yang kamu buat dapat terselesaikan. Dapat juga di gunakan untuk menghaluskan permukaan yang terbuat dari batu seperti menghaluskan permukaan keramik pada lantai yang memiliki masalah.

Sebagai Alat Finishing Touch

Dapat di gunakan sebagai alat untuk sentuhan terakhir pada benda yang telah kamu buat. Misalnya kamu membuat sebuah meja dari besi, kemudian setelah selesai di las kamu dapat menghaluskan sisa-sisa dari sambungan las tersebut agar menjadi halus dan siap di gunakan. Biasanya sering di gunakan oleh orang yang hobi merakit rangka mobil atau motor, sentuhan terakhir ini sangat penting agar hasil kerja menjadi halus

Sebagai Alat Pengasah

Mesin gerinda juga dapat di gunakan sebagai alat untuk mengasah benda tajam yang kamu punya seperti pisau, kamu dapat mengasah benda dan membuatnya tajam kembali. Namun saat melakukannya kamu harus berhati-hati agar kamu tidak terluka. Kamu juga dapat mengasah pisau dapur yang sering di gunakan di rumah, karena mengasah menggunakan mesin gerinda cukup efektif, namun memang harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Sebagai Alat Penghilang Ketajaman

Selain dapat di gunakan untuk mengasah, mesin gerinda juga dapat di gunakan untuk menghilangkan ketajaman dari suatu benda. Misalkan kamu memiliki sebuah peralatan dari besi namun ada bagian dari peralatan tersebut yang mengeluarkan benda tajam, kamu dapat menghilangkan ketajaman dari peralatan tersebut demi keamanan. Cocok untuk menghilangkan ketajaman pada kursi atau meja yang berpotensi melukai, sehingga keluarga menjadi aman dari goresan yang dapat menyebabkan luka.

Sebagai Alat Pengukir

Dapat di gunakan untuk membentuk dan mendetail suatu benda yang sedang kamu buat. Misalnya kamu sedang membuat sebuah peralatan dari besi, kamu dapat membentuk sebuah bentuk degan menggunakan gerinda. Misalnya ingin membentuk lingkaran, setengah lingkaran bahkan untuk mengukir sekali pun. Jika kamu memiliki jiwa seni kamu dapat menggunakan mesin gerinda untuk membentuk ukiran-ukiran yang indah sanga detail.

Kurang lebih seperti itulah fungsi mesin gerinda secara garis besar, sangat banyak di gunakan sehingga banyak di gunakan oleh berapa orang yang memiliki pekerjaan khusus.

Artikel Terkait

Mengenal Fungsi pada Mesin Gerinda Kamu Harus Tahu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email