Tuesday, 16 October 2018

Merawat Orang Tua Sakit Memang Tidak Mudah, Inilah Tips yang Bisa Anda Coba


Orang tua bisa dibilang sebagai malaikat yang tak bersayap untuk setiap orang di dunia ini. Merawat sedari bayi dan berjuang keras demi anak mendapatkan sandang, pangan dan papan yang layak tentu sudah dilakukan oleh orang tua. Pengorbanannya tak akan bisa ternilai dan dihitung dengan apapun. Itulah mengapa ketika mereka mulai menua dan lemah, tanggung jawab perawatan adalah ada di tangan Anda sebagai anak. Merawat orang tua sakit memang tak mudah, tapi niatkan kembali untuk berusaha membahagiakannya.

Merawat orang tua yang sudah renta dan sakit memang bukan hal mudah. Untuk itu Anda harus tahu caranya sehingga orang tua tetap nyaman dan Anda pun tidak merasa kesusahan di tengah kesibukan. Selain itu yang perlu dipahami adalah bahwa mengasuh orang yang sudah tua butuh kesabaran yang amat sangat karena perilaku orang tua yang kadang mulai berubah layaknya anak-anak.

Berikut ini beberapa tips dalam merawat orang tua yang sudah lansia atau sakit yang perlu Anda pahami:

Merawat Orang Tua Sakit Memang Tidak Mudah, Inilah Tips yang Bisa Anda Coba


  1. Dengarkan dan jangan dibantah

Ketika usia mulai menua, biasanya orang tua sangat suka sekali untuk bicara. Banyak juga yang menganggap jika mereka terkesan cerewet. Saat menghadapi kondisi seperti ini, jangan tanggapi dengan cibiran atau justru sambil lalu. Ingatlah bahwa Anda dulu saat anak-anak juga sangat cerewet dengan mengomentari banyak hal, bertanya banyak hal dan cerita banyak hal. Untuk itu, dengarkan saja ketika orang tua berbicara. Tanggapi dengan saksama dan senyum. Jika orang tua sakit dan meminta apapun, usahakan untuk memenuhinya selama memang tidak dilarang oleh dokter sehingga ada kepuasan di hati mereka.

  1. Ajak orang tua untuk beraktivitas dan jangan biarkan mereka banyak melamun dan berdiam diri

Salah satu masalah terbesar yang kerap dialami lansia adalah sudah tidak bekerja. Hal ini karena memang sudah usia pensiun, sakit atau kondisi lainnya. Karena tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka tak heran jika aktivitas yang dilakukan pun juga terbatas sekali. Banyak orang tua yang kerapkali bingung karena tidak ada hal yang bisa dilakukan. Hal ini sebetulnya berbahaya karena justru bisa menjadikan orang tua mudah pikun dan sakit. Untuk itu usahakan agar orang tua bisa diberi kesibukan apapun. Sesekali ajaklah mereka jalan-jalan keluar atau bantu untuk melakukan hobi mereka. Mendaftarkan mereka ke organisasi atau kelompok lansia juga bisa dilakukan sehingga ada teman seumur. Orang tua meski sakit biasanya juga kurang suka terperangkap di kasur sehingga ada baiknya untuk bisa mengajaknya keluar sesekali.

  1. Nutrisi harus terpenuhi

Jika orang tua sakit, ada baiknya nutrisinya harus bisa dipenuhi. Tentu nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuhnya. Pastikan jika seluruh makanan yang disantap oleh orang tua Anda aman untuk kesehatannya.

Merawat orang tua sakit biasanya menjadikan kerepotan tersendiri. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memakaikan popok dewasa Confidence pada mereka. Cara ini dilakukan sehingga bisa efektif saat buang air kecil. Biasanya orang tua memiliki kondisi dimana frekuensi buang air kecilnya sangat sering sehingga butuh popok dewasa. Confidence akan jadi pilihan tepat karena dibuat dari bahan yang aman dan lembut. Meski dipakai dalam waktu lama, namun popok ini tak akan memberikan efek iritasi di kulit.

Artikel Terkait

Merawat Orang Tua Sakit Memang Tidak Mudah, Inilah Tips yang Bisa Anda Coba
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email